Home » » Komunitas Motor Gede dan Keanggotaannya

Komunitas Motor Gede dan Keanggotaannya

Written By Sentul International Karting and Motorcycle on Kamis, 19 April 2012 | 01.46

Bicara motor gede, selalu diidentikkan dengan Harley Davidson. Padahal jenis motor gede juga dikuasai oleh sejumlah pabrikan motor di dunia. Sebut saja Aprilia, BMW, Yamaha dan Honda. Walaupun pabrikan luar, namun peminat dan penggunanya bukan tidak ada di Indonesia.

Beberapa komunitas motor gede di Indonesia sebut saja, Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Ikatan Motor Gede, Persaudaraan Motor Antik dan Motor Besar Bali (MBB), Harley Owner Group (HOG), IMBI (Ikatan Motor Besar Indonesia), MBC (Motor Besar Club) Bali, DBC (Davidson Bali Club), dan HDKI (Harley Davidson Klub Indonesia) Central Java Bikers Club dan Singotoro Moge Club.

Mulai dari tahun pembuatan anyar hingga lawas pun ikut ambil bagian dalam komunitas motor gede tersebut. Begitu juga aliran middle custom, radical custom hingga chopper. Walaupun mereka menyebar di seluruh penjuru wilayah, namun ikatan persaudaraan mereka dalam berkendara tetap satu. Terakhir, komunitas ini mendeklarasikan Penggemar Motor Besar Asean pada 1 Mei 2005 di Bali.

Jadi Anggota Moge

Menjadi sebuah perkumpulan motor gede yang handal dan dipercaya mampu membawa image pabrikan tidaklah mudah. Selain manajemen, personalisasi dari pemilik kendaraan itu sendiri juga menjadi taruhan.

Itu sebabnya, setiap bikers jika ingin masuk ke dalam suatu komunitas motor gede tertentu dituntut memiliki loyalitas yang tinggi. Bahkan terkadang harus melalui suatu 'upacara adat' tertentu untuk bisa masuk ke dalam barisan motor.

Untuk HDCI misalnya, para peserta baru walaupun tidak dituntut biaya, namun diharuskan memiliki motor bermerek Harley Davidson. Tahu sendiri motor asal Paman Sam ini memiliki harga yang tidak murah. Untuk satu motor Harley keluaran tahun 2004 saja, bikers harus merogoh kocek lebih dari 200 juta.

Tapi justru itu menunjukkan kelasnya di jajaran bikers motor gede. Belum lagi, iuran serta keikutsertaan dalam setiap ajang touring. Syarat itu standar diberlakukan di berbagai perkumpulan motor gede. Seperti HDCI, Ikatan Motor Gede atau Ikatan Motor Besar Indonesia.

Belum lagi syarat lain yang tidak tertulis seperti keharusan merubah bentuk mogenya mengikuti prasyarat yang diatur. Syarat ini benar-benar menjaring kepada bikers yang memiliki selera style moge yang sama. Jika tidak, bikers tidak diperbolehkan menjadi anggota perkumpulan motor tersebut.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SIKMC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Premium Blogger Template