Home » » Bedakan Komunitas Motor dengan Geng Motor

Bedakan Komunitas Motor dengan Geng Motor

Written By Sentul International Karting and Motorcycle on Kamis, 19 April 2012 | 01.49

Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna mengatakan, dalam memberantas aksi kekerasan yang dilakukan geng motor perlu kerjasama semua lini, baik polisi, pemerintah, masyarakat, dan media.

Dia juga menilai, diperlukan pengertian yang benar mengenai arti geng motor. Sebab, terdapat komunitas motor yang menyalurkan hobi secara positif tanpa aksi kekerasan.

“Seharusnya tugas kita bersama-sama membina semua komunitas motor apapun. Motor besar atau kecil. Jadi mari bersama-sama kita membina, apakah polisinya, pemerintah, media, kita semua membina, siapa geng motor ini apakah ada polisi yang ikut geng motor? Apakah teman-teman pers ikut geng motor? Jadi mari kita pisahkan yang geng motor dan yang naik motor,” kata Nanan yang juga Ketua Umum IMI Pusat, di Jakarta, Senin (16/4).

Dikatakan, siapapun pihak yang diduga terlibat dalam aksi kekerasan yang dilakukan geng motor harus ditindak, meskipun berasal dari aparat. Dengan demikian, juga diperlukan sinergi antarsegenap masyarakat untuk turut serta membantu aparat untuk menangkap pelaku-pelaku aksi kekerasan yang terjadi baru-baru ini.

Untuk kasus kekerasan yang di Makassar, kata Nanan, pihaknya sudah berhasil menentukan tersangka dan menangkapnya. Sementara aksi kekerasan yang terjadi di Jakarta sedang dikembangkan. Dia berjanji dalam menyelidiki kasus tersebut pihaknya akan transparan.

“Ya cara menindaknya bersama-sama bersinergi, dengar informasi. Dan itu sebenarnya kita ingin bersama-sama mencari pelakunya tetapi bukan keseluruhan tetapi personal. Ya personal kita tindak. Apakah grup bersama-sama atau biasa aja. Yang di Makassar, kita sudah tangkap. Yang di Jakarta sedang dikembangkan. Kita dorong polisinya atau Polisi Militer (Pom)-nya kalau memang ada kaitannya, kita transparankan itu,” tegasnya.

Menurutnya, penampilan beberapa geng motor yang terlihat sebagai kelompok balap liar perlu diungkap. Untuk, meminimalisasi aksi balap liar, Nanan mengusulkan di setiap kabupaten dibangun lintas balap. “Itu perlu diungkap mengapa? Kita minta sama pemerintah daerah agar dibangun sirkuit di tiap kabupaten dengan begitu tidak ada alasan mereka untuk balapan. Ayo Anda tiap hari ngebut di sirkuit, supaya ada prestasi juga,”
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SIKMC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Premium Blogger Template